Sunday, October 20, 2013

TUTORIAL PEMBERIAN TEXT, WARNA FOREGROUND DAN BACKGROUND PADA APLIKASI ANDROID

TUTORIAL ATAU CARA PEMBERIAN / MENYISIPKAN TEXT, WARNA FOREGROUND / MENGGANTI ICON DAN WARNA BACKGROUND PADA APLIKASI ANDROID


TUTORIAL PRAKTIKUM
Pemrograman Mobile
Menampilkan Teks dan Mengubah Warna Foreground dan Background pada Aplikasi Android


TUTORIAL MENAMPILKAN TEKS DAN WARNA FOREGROUND BACKGROUND PADA APLIKASI ANDROID


1.      Bila Anda belum memiliki aplikasi NetBeans, instal-lah JDK terlebih dahulu (bila sudah memiliki aplikasi NetBeans bisa melewati langkah ini).

2.      Buka folder ‘adt-bundle-windows-x86-20130522adt’

1.        Lalu buka folder ‘adt-bundle-windows-x86-20130522’
1.      Double klik pada ikon SDK manager.exe, tunggu sampai muncul jendela aktif Android SDK Manager. Pilih package yang ingin diinstall, lalu klik install package dan tunggu samapi proses penginstallan selesai.

1.      Setelah itu, double klik pada folder eclipse. Kemudian double klik kembali pada aplikasi ecplipse.exe atau kita dapat membuat shortcut-nya terlebih dahulu pada desktop baru men-double klik shortcut tersebut. Setelah itu tentukan akan muncul gambar seperti di bawah ini, tunggu sampai proses running selesai.
Sehingga muncul gambar di bawah ini. Kotak dialog di bawah ini berfungsi untuk men-setting akan di simpan di mana lembar kerja kita (setting tempat dilakukan dengan meng-klik Browse lalu klik OK.
1.      Setelah itu akan muncul jendela eclipse seperti berikut.

1.      Buat AVD terlebih dahulu, pertama klik ikon (Opens Android Virtual Device Manager)  lalu klik New. Setelah itu isi seperti isi pada kotak dialog di bawah.


1.      Setelah itu klik OK dan klik AVD yang telah Anda buat lalu klik start untuk mulai menjalankannya.
Buat package baru / project baru dengan cara klik menu File àNew àAndroid ApplicationProject.   
1.      Isikan Project Name.
1.      Isikan package name untuk aplikasi yang dibuat.
2.      Pilih lokasi penyimpanan project. Karena ini adalah project baru maka pilih Create Project in Workspace. Tanda checkbox Create Project inWorkspace.
3.      Pilih atau tentukan icon launcher dari aplikasi yang akan dibuat, warna foreground dan background.

1.      Pilih activity dengan blank activity, lalu klik Next.
1.      Setelah itu klik tombol Finish, sehingga muncul tampilan pembuatan seperti berikut.

1.      Pertama-tama kita akan mengganti warna background aplikasi android dengan cara buka folder values à double klik strings.xml  shingga muncul tampilan seperti berikut.

1.      Klik ADD à Pilih Color à klik OK.
1.      Sehingga muncul tampilan seperti berikut ini. Isikan name dan value (value berisi code warna yang di awali dengan tanda pagar (#), lalu klik Ctrl+S untuk menyimpan.
Setelah itu buka folder layout à double klik tulisan main_activity.xml , sehingga muncul halaman seperti berikut. Lalu klik gambar seperti halaman kosong. Sehingga isi Properties muncul.


1.      Setelah itu, pada properties Isi Cari Menu View à lalu cari submenu Background dan klik tanda […]
1.      Setelah muncul kotak dialog berikut, buka Menu Color à lalu pilih tulisan RoyalBlue(nama warna yang tadi kita inputkan) à lalu klik OK.

1.      Background dan Foreground pun sudah berubah.
1.      Selanjutnya kita akan membuat teks pada aplikasi android kita dengan cara buka folder layout, lalu double klik activity_main.xml
1.       Setelah itu, kita drag tulisan TextView ke dalam kotak dialog, lalu kita edit tulisan TextView dengan cara klik F2 lalu ketik akan diganti teks yang kita kehendaki, setelah itu klik OK.
1.      Setelah muncul tampilan di atas, kita akan mencoba untuk menjalankan (me-running-kan) dengan cara klik package folder yang telah kita buat, lalu klik menu Runà lalu klik Run Asà klik Android Application, sehingga muncul tampilan seperti ini.

Cara kedua dengan menggunakan xml, pertama kita buka folder  values à double klik string.xml , lalu masukkan kode xml seperti di bawah ini yang berfungsi untuk mendeklarasikan nilai dalam sebuah variabel.
1.      Selanjutnya, buka folder menu lalu double klik pada main.xml , lalu ketikkan kode xml, sehingga menjadi seperti di bawah ini.
Selanjutnya, buka folder layout lalu double klik pada activity_main.xml, lalu ketikkan kode xml, seperti di bawah ini, hanya variabel nama, nim, dan kelas di ubah ke dalam variabel yang Anda buat.
1.      Setelah itu silahkan dirunning kembali sehingga muncul tampilan seperti berikut.












No comments:

Post a Comment