Sunday, October 27, 2013

Tutorial / Cara Membuat Kalkulator di Android

TUTORIAL MEMBUAT APLIKASI KALKULATOR SEDERHANA PADA ANDROID


1.      Bila Anda belum memiliki aplikasi NetBeans, instal-lah JDK terlebih dahulu (bila sudah memiliki aplikasi NetBeans bisa melewati langkah ini).
2.      Buka folder ‘adt-bundle-windows-x86-20130522adt’


3.        Lalu buka folder ‘adt-bundle-windows-x86-20130522’

4.      Double klik pada ikon SDK manager.exe, tunggu sampai muncul jendela aktif Android SDK Manager. Pilih package yang ingin diinstall, lalu klik install package dan tunggu samapi proses penginstallan selesai.



5.      Setelah itu, double klik pada folder eclipse. Kemudian double klik kembali pada aplikasi ecplipse.exe atau kita dapat membuat shortcut-nya terlebih dahulu pada desktop baru men-double klik shortcut tersebut. Setelah itu tentukan akan muncul gambar seperti di bawah ini, tunggu sampai proses running selesai.

Sehingga muncul gambar di bawah ini. Kotak dialog di bawah ini berfungsi untuk men-setting akan di simpan di mana lembar kerja kita (setting tempat dilakukan dengan meng-klik Browse lalu klik OK.
 
6.      Setelah itu akan muncul jendela eclipse seperti berikut.

7.      Bila belum pernah membuat AVD, buatlah AVD terlebih dahulu, pertama klik ikon (Opens Android Virtual Device Manager)  lalu klik New. Setelah itu isi seperti isi pada kotak dialog di bawah.



8.      Setelah itu klik OK dan klik AVD yang telah Anda buat lalu klik start untuk mulai menjalankannya.
9.      Buat package baru / project baru dengan cara klik menu File àNew àAndroid ApplicationProject.   

10.  Isikan Project Name.

11.  Isikan package name untuk aplikasi yang dibuat.
12.  Pilih lokasi penyimpanan project. Karena ini adalah project baru maka pilih Create Project in Workspace. Tanda checkbox Create Project inWorkspace.
13.  Pilih atau tentukan icon launcher dari aplikasi yang akan dibuat, warna foreground dan background.



14.  Pilih activity dengan blank activity, lalu klik Next.

15.  Setelah itu klik tombol Finish, sehingga muncul tampilan pembuatan seperti berikut.



16.  Lihat pada bagian Package Explorer buka folder layout à lalu double klik pada tulisan activity_main.xml sehingga muncul tampilan seperti berikut.

17.  Setelah itu lihat pada bagian kotak dialog virtual simulasi, terdapat tulisan ‘Hello World!’, klik tulisan tersebut à lalu klik kanan à pilih delete.

18.  Setelah itu lihat ke dalam folder Form Widget à lalu drag tulisan Large ke dalam kotak dialog virtual simulasi.


19.  Klik kanan tulisan Large yang terdapat di dalam kotak dialog virtual simulasi à lalu pilih Edit Text.

20.  Klik New String (lihat gambar) à lalu isi New R. String dengan nama txttampil à lalu isi String dengan KALKULATOR à lalu klik OK.
*New R. String berfungsi untuk nama variabel-nya, sedangkan String berfungsi sebagai isi dari variabelnya.


21.  Klik tulisan txttampil à lalu klik OK. Sehingga dapat dilihat tulisan KALKULATOR pada kotak dialog virtual simulasi (lihat gambar).

22.  Klik folder Text Fields à lalu drag tulisan 42 (yang memiliki arti text field number) ke dalam kotak dialog virtual simulasi.



23.  Klik kanan text field number à lalu pilih Edit ID.

24.  Isi New Name dengan bil1 à lalu klik OK.

25.  Ulangi langkah nomor 22-24 di atas sekali lagi, tetapi pada langkah nomor 24 ubahlah isian New Name dengan bil2 à lalu klik OK. Sehingga hasilnya seperti ini.

26.  Setelah itu buka folder Form Widgets kembali dan drag tombol bertuliskan Button ke dalam kotak dialog virtual simulasi.

27.  Klik kanan tombol Button yang terdapat pada kotak dialog virtual simulasi à pilih Edit Text (lihat gambar).

28.  Setelah itu klik New String à lalu isi New R. String dengan tulisan buttambah à lalu isi String dengan ( + ) à lalu klik OK.



29.  Setelah itu klik tulisan but1 à lalu klik OK. Sehingga terlihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.

30.  Ulangi langkah nomor 26-29 sampai 3 kali, tetapi pada langkah nomor 28 ubahlah New R. String dengan isian berturut-turut, yaitu butkurang, butkali, butbagi à lalu ubahlah isian String dengan isian berturt-turut, yaitu ( - ), ( x ), ( / ). Sehingga hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.

31.  Setelah itu buka kembali folder Form Widgets à lalu drag kembali tulisan Large ke dalam kotak dialog virtual simulasi (lihat gambar).

32.  Klik kanan pada tulisan Large yang terdapat pada kotak dialog virtual simulasi à lalu pilih tulisan Edit Text.

33.  Setelah itu klik New String à isilah New R. String dengan tulisan tmpl à lalu isi String dengan tulisan Hasil à lalu klik OK.



34.  Klik tulisan tmpl à lalu klik OK.

35.  Setelah itu lihat pada Package Folder à buka folder src à lalu buka com.example.kalkulator à lalu double klik MainActivity.java, sehingga muncul tampilan seperti ini.

36.  Setelah itu ubahlah koding yang ada menjadi seperti ini.


37.  Setelah itu klik Save All.

38.  Kemudian klik folder Project (folder KALKULATOR) à lalu klik menu Run à pilih Run As à klik tulisan Android Application. Sehingga muncul tampilan seperti ini pada AVD.






2 comments:

  1. infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan.. http://goo.gl/3SVkOQ

    ReplyDelete
  2. BONUS CUMA-CUMA senilai JUTAAN RUPIAH jika berlangganan!!! Dicari Agen Pakaian di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa, Sumatera, dan seluruh Indonesia. Kami memproduksi beraneka macam pakaian pria, wanita, busana muslim, jilbab, batik, baju koko / taqwa, aksesoris, dan lainnya. Model pakaian modern, Kualitas bagus dan Harga murah. Khusus pembelian grosir / partai. Segera hubungi 083834375641 [0.8.3.8.3.4.3.7.5.6.4.1] / Line : x0fernandes0x

    ReplyDelete