Friday, November 30, 2012

Pembuatan Lembar Kerja Pada Excel yang Baik dan Benar




Pembuatan Lembar kerja Excel yang baik dan benar

Microsoft Excel merupakan program untuk mengolah data berupa angka dan memiliki lembar kerja berupa worksheet. Ada 3 jenis data yang dapat dimasukkan dalam MS Excel :
o   Label àberupa potongan teks/naskah, dengan ciri khas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
o   Angka (Numerik) à berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan.
o   Rumus (Formula) à berupa rumus perhitungan dalam excel, dengan ciri khas selalu di awali dengan tanda (=) sama dengan.

  Langkah-langkah Mengatur Kertas
a.       Klik menu Page Layout
b.      Margins à untuk menentukan batas atas (Top), kiri
(Left), kanan (Right), bawah (Bottom) dokumen.
c.       Page Setup à untuk mengatur ukuran kertas.
d.      Klik OK.
Contoh :


  Langkah-langkah Memasukkan Data
a.       Klik sel yang akan diisi, ketik datanya lalu klik enter.
b.      Untuk merubah data yang telah dimasukkan double klik pada sel tersebut atau klik sekali lalu klik F2.
Contoh :
 Langkah-langkah Memindahkan Sel
a.       Pilih sel/range yang akan dipindahkan, klik ToolBar Cut (Ctrl+X).
 b.      Pindahkan ke sel yang diinginkan klik ToolBar Paste (Ctrl+V).


Langkah-langkah Mengcopy Sel
a.       Pilih sel/range yang akan digandakan, klik ToolBar Copy (Ctrl+C).
b.      Pindahkan ke sel yang diinginkan klik ToolBar Paste (Ctrl+V).














Langkah-langkah membuat nomor urut dengan cepat
a.       Awali penomoran dengan tanda (‘) petik satu lalu nomor à contoh: ‘1
b.      Lalu copy kebawah penunjuk sel dengan meletakkan pointer ke pojok kanan sel lalu drag dengan arah sesuai keinginan.
Contoh :


     Langkah-langkah Menyisipkan Sel, Baris atau Kolom
a.       Klik sel yang akan disisipi dan blok sebanyak yang ingin kita sisipi.
b.      Klik menu Insert Columns / Row.
c.       Klik kanan pada kolom/baris yang akan disisipi kolom/baris baru.
d.      Lalu pilih Insert.
e.       Kemudian tinggal pilih akan menambahkan baris/kolom di sebelah atas/bawah, kiri/kanan kolom/baris yang tadi di klik kanan.
Contoh  : 



Langkah-langkah Menghapus baris/kolom
a.       Klik sel yang akan disisipi dan blok sebanyak yang ingin kita sisipi.
b.      Klik menu Edit > Delete

Langkah-langkah merubah lebar baris
a.       Blok daerah/range lembar kerja, lalu pilih format Row Height.
b.      Isikan lebar barisnya lalu klik OK.
   Langkah-langkah merubah lebar kolom

a.       Blok daerah/range lembar kerja, lalu pilih format Columns Width.
b.      Isikan lebar barisnya lalu klik OK.


 Langkah-langkah menggabungkan sel
a.       Blok sel yang akan digabung, lalu klik Home > Alignment > Alignment Cells
          
b.      Pada text Alignment Horizontal & Vertikal dibuat Center lalu beri check list pada kolom di sebelah tulisan Merge Cell, lalu klik OK.



A.    Langkah-langkah Menengahkan Judul
Blok sepanjang kolom judul lalu tekan tombol Ctrl+E.


B.     Langkah-langkah Memformat Isi Sel
a.       Blok sel yang akan diformat.
b.      Klik kanan>klik Format Cells
o Number à untuk memformat sel berupa angka dalam bentuk-bentuk tertentu pada category : general (bentuk umum), currency (memformat data dengan satuan mata uang), data (memformat data berupa tanggal),dll.
o Alignment à digunakan untuk mengatur teks.
o Font à digunakan untuk mengatur jenis huruf.
o Border à digunakan untuk mengatur jenis garis pada border.
o Patern à untuk memberi warna pada sel.




    Langkah-langkah Menyisipi Gambar

a.       Klik menu Insert>Picture atau Klik menu Insert>Picture>Clip Art.
b.      Pilih gambar yang diinginkan, lalu klik OK.
     Langkah-langkah Membuat Bordir
a.       Blok tabel yang akan diberi border, lalu klik anak panah kecil sebelah kanan ToolBar Bordir atau klik kanan>klik Format Cells>klik Borders>OK.



  Langkah-langkah Mengurutkan Data
a.       Blok data yang akan diurutkan datanya.
b.      Klik menu Data>Sort.
c.       Klik Ascending jika akan mengurutkan data dari kecil ke besar.
d.      Klik Descending jika akan mengurutkan data dari besar ke kecil.
    Langkah-langkah menyimpan Lembar Kerja
a.       Klik menu File>Save atau File>Save As sehingga muncul kotak dialog Save As.
  
b.      Kemudian lakukan pengaturan sebagai berikut :
o File name : ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
o Save as type : type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
o Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
* Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File>Save; sedangkan untuk menyimpan dokumen yang sama dengan nama lain klik menu File>Save as sehingga caranya seperti menyimpan dokumen baru.
*Lakukan penge-save-an dokumen sesering mungkin agar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (listrik mati / computer hang kita tidak perlu membbuang waktu untuk mulai mengerjakan dokumen dari awal lagi, tinggal melanjutkan dari tahap terakhir kita melakukan saving / penyimpanan.
c.       Langkah-langkah menutup dokumen :
o Klik menu File>Exit.
o Atau dapat juga dengan klik tombol Close Window yang terdapat dalam Title Bar.
d.      Langkah-langkah membuka dokumen :
o Klik menu File>Open.
o Atau klik tombol Open yang terdapat pada Tool Bar.
o Atau dapat juga dengan klik Ctrl+O pada keyboard.
o Sehingga muncul tampilan seperti ini, lalu pilih dokumen mana yang akan dibuka, setelah itu klik OK.


      Langkah-langkah Mencetak Lembar Kerja
a.       Klik menu File>Print Preview setelah property dokumen diatur klik Print>OK.












No comments:

Post a Comment