Friday, November 30, 2012

Cara Menggunakan fungsi LOOKUP pada MIcrosoft Excel


Penggunaan Fungsi LOOKUP

Fungsi LOOKUP adalah suatu fungsi yang digunakan untuk membaca suatu tabel data.
Syntax / Bentuk Rumus Umumnya :
1. VLOOKUP (Lookup_Value,Tabel_Array,Col_Index_Num,Range_Lookup )
-digunakan untuk membaca tabel yang disusun secara Vertikal
2. HLOOKUP (Lookup_Value,Tabel_Array,Row_Index_Num,Range_Lookup )
-digunakan untuk membaca tabel yang disusun secara Horizontal
Penjelasan dari syntax :
Lookup_value : Alamat cell / data yang akan diuji
Tabel_Array : Area dari Tabel data / Tabel Bantu yang diuji
Col_Index_Num /Row_Index_Num : Nomor Urutan kolom Atau Baris yang dibaca dari tabel bantu(Tabel_array)
Range_Lookup : Nilai banding antara tabel bantu dan laporan (isikan saja dngn nilai 0)
Contoh soal :

B
C
D
E
F
3
KODE BARANG
KODE MERK
NAMA BARANG
MERK
HARGA
4
KB
L
=HLOOKUP(B4, $C$10:$E$11,2,0)
=VLOOKUP(C4, $B$15:$C$16,2,0)
=VLOOKUP(D4, $B$21:$D$23,IF( E4=”GENIUS”,2,3),0)
5
MS
G



6
SP
G



7
MS
L



*contoh penulisan rumus: =vlookup(cell yang diuji , blok tabel bantu +F4 , urutan kolom , 0)
* Tombol F4 berfungsi untuk memberikan nilai absolut agar cell / area pengeblokan tidak berubah
TABEL BANTU :
TABEL 1 (data tersusun secara Horizontal )

B
C
D
E
10
KODE
MS
KB
SP
11
BARANG
MOUSE
KEYBOARD
SPEAKER
TABEL 2 (data tersusun secara Vertical )

B
C
14
KODE MERK
MERK
15
L
LOGITECH
16
G
GENIUS


TABEL 3 (data tersusun secara Vertical dan Horizontal )

B
C
D
20

GENIUS
LOGITECH
21
MOUSE
60000
55000
22
SPEAKER
130000
100000
23
KEYBOARD
75000
65000

No comments:

Post a Comment