Tuesday, November 6, 2012

Microsoft Excel


Microsoft Excel merupakan program untuk mengolah data berupa angka dan memiliki lembar kerja berupa worksheet. Ada 3 jenis data yang dapat dimasukkan dalam MS Excel :
o   Label àberupa potongan teks/naskah, dengan ciri khas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
o   Angka (Numerik) à berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan.
o   Rumus (Formula) à berupa rumus perhitungan dalam excel, dengan ciri khas selalu di awali dengan tanda (=) sama dengan.
A.   Langkah-langkah Mengatur Kertas
a.    Klik menu Page Layout
b.    Margins à untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), bawah (Bottom) dokumen.
c.    Page Setup à untuk mengatur ukuran kertas.
d.    Klik OK.
B.   Langkah-langkah Memasukkan Data
a.    Klik sel yang akan diisi, ketik datanya lalu klik enter.
b.    Untuk merubah data yang telah dimasukkan double klik pada sel tersebut atau klik sekali lalu klik F2.
C.   Langkah-langkah Memindahkan Sel
a.    Pilih sel/range yang akan dipindahkan, klik ToolBar Cut (Ctrl+X).
b.    Pindahkan ke sel yang diinginkan klik ToolBar Paste (Ctrl+V).
D.   Langkah-langkah Mengcopy Sel
a.    Pilih sel/range yang akan digandakan, klik ToolBar Copy (Ctrl+C).
b.    Pindahkan ke sel yang diinginkan klik ToolBar Paste (Ctrl+V).
E.    Langkah-langkah membuat nomor urut dengan cepat
a.    Awali penomoran dengan tanda (‘) petik satu lalu nomor à contoh: ‘1
b.    Lalu copy kebawah penunjuk sel dengan meletakkan pointer ke pojok kanan sel lalu drag dengan arah sesuai keinginan.
F.    Langkah-langkah Menyisipkan Sel, Baris atau Kolom
a.    Klik sel yang akan disisipi dan blok sebanyak yang ingin kita sisipi.
b.    Klik menu Insert Columns / Row.
G.   Langkah-langkah Menghapus baris/kolom
a.    Klik sel yang akan disisipi dan blok sebanyak yang ingin kita sisipi.
b.    Klik menu Edit > Delete
H.   Langkah-langkah merubah lebar baris
a.    Blok daerah/range lembar kerja, lalu pilih format Row Height.
b.    Isikan lebar barisnya lalu klik OK.
I.      Langkah-langkah merubah lebar kolom
a.    Blok daerah/range lembar kerja, lalu pilih format Columns Width.
b.    Isikan lebar barisnya lalu klik OK.
J.    Langkah-langkah menggabungkan sel
a.    Blok sel yang akan digabung, lalu klik Home > Alignment > Alignment Cells
b.    Pada text Alignment Horizontal & Vertikal dibuat Center lalu beri check list pada kolom di sebelah tulisan Merge Cell, lalu klik OK.
K.   Langkah-langkah Menengahkan Judul
Blok sepanjang kolom judul lalu tekan tombol Ctrl+E.
L.    Langkah-langkah Memformat Isi Sel
a.    Blok sel yang akan diformat.
b.    Klik kanan>klik Format Cells
o Number à untuk memformat sel berupa angka dalam bentuk-bentuk tertentu pada category : general (bentuk umum), currency (memformat data dengan satuan mata uang), data (memformat data berupa tanggal),dll.
o Alignment à digunakan untuk mengatur teks.
o Font à digunakan untuk mengatur jenis huruf.
o Border à digunakan untuk mengatur jenis garis pada border.
o Patern à untuk memberi warna pada sel
M.   Langkah-langkah Menyisipi Gambar
a.    Klik menu Insert>Picture atau Klik menu Insert>Picture>Clip Art.
b.    Pilih gambar yang diinginkan, lalu klik OK.
N.   Langkah-langkah Membuat Bordir
a.    Blok tabel yang akan diberi border, lalu klik anak panah kecil sebelah kanan ToolBar Bordir atau klik kanan>klik Format Cells>klik Borders>OK.
O.   Langkah-langkah Mengurutkan Data
a.    Blok data yang akan diurutkan datanya.
b.    Klik menu Data>Sort.
c.    Klik Ascending jika akan mengurutkan data dari kecil ke besar.
d.    Klik Descending jika akan mengurutkan data dari besar ke kecil.
P.    Langkah-langkah Mencetak Lembar Kerja
a.    Klik menu File>Print Preview setelah property dokumen diatur klik Print>OK.
Q.   Rumus dan Formula
a.    Operator Matematika
^ : Perpangkatan, / : Pembagian, * : Perkalian, - : Pengurangan, + : Pertambahan
b.    Fungsi Statistik
o COUNT à untuk menentukan banyaknya data.
Contoh : =COUNT (A1:A6)
o SUM à untuk menentukan total / jumlah data.
Contoh : =SUM(A1+B5) atau =SUM(A21:H21)
o AVERAGE à untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data.
Contoh : =AVERAGE(A1;B6)
o MAX àuntuk menentukan nilai maksimal / tertinggi dari suatu kumpulan data.
Contoh : =MAX(B3:Z3)
o MIN àuntuk menentukkan nilai minimal / terendah dari suatu kumpulan data.
Contoh : =MIN(B3:Z3)
c.    Alamat Absolutà untuk mendapatkan alamat mutlak meskipun kita copy kearah mana saja
o Cara membuat suatu sel menjadi absolut dengan cara klik tombol F4 setelah selesai menulis alamat sel yang akan di absolutkan.
d.    Fungsi Logika (fungsi IF)
o Macam-macam logika : = , < , > , <= , >= , <>
o Bentuk umum : =IF(X=n,A,B)
o Contoh : =IF(C6>=90,”A”,”B”)
e.    Fungsi String
o =LEFT (x,n) : digunakan untuk mengambil string di sel x dari kiri sebanyak n karakter.
o =RIGHT (x,n) : digunakan untuk mengambil string di sel x dari kanan sebanyak n karakter.
o =MID (x,m,n) : digunakan untuk mengambil string di sel x yang pengambilannya dimulai dari hitungan ke m dari kiri sebanyak n karakter.
f.     Fungsi Date
-       Blok datanya, lalu klik menu Format Cells>Number>Date>OK
g.    Fungsi Time
-       Blok datanya, lalu klik menu Format Cells>Number>Time>OK

No comments:

Post a Comment