Friday, November 30, 2012

Penggunaan Fungsi Statistika pada Microsoft Excel


Penggunaan Fungsi Statistika

o COUNT à untuk menentukan banyaknya data.
Contoh : =COUNT (A1:A6)
Setelah itu kita tekan tombol Enter. Dan untuk menerapkannya pada sel yang selanjutnya bisa dengan klik sel yang telah di beri rumus lalu drag ke arah sel yang akan di beri rumus yang sama, maka secara otomatis sel yang terkena drag akan terisi rumus tersebut.
o SUM à untuk menentukan total / jumlah data.
Contoh :
Penjumlahan antara 2 sel :
=SUM(A1+B5)
Penjumlahan antara banyak sel :
=SUM(A21:H21)
Setelah itu kita tekan tombol Enter. Dan untuk menerapkannya pada sel yang selanjutnya bisa dengan klik sel yang telah di beri rumus lalu drag ke arah sel yang akan di beri rumus yang sama, maka secara otomatis sel yang terkena drag akan terisi rumus tersebut.

o AVERAGE à untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data.
Contoh : =AVERAGE(A1;B6) atau =AVERAGE(A1:B6)
Setelah itu kita tekan tombol Enter. Dan untuk menerapkannya pada sel yang selanjutnya bisa dengan klik sel yang telah di beri rumus lalu drag ke arah sel yang akan di beri rumus yang sama, maka secara otomatis sel yang terkena drag akan terisi rumus tersebut.
o MAX àuntuk menentukan nilai maksimal / tertinggi dari suatu kumpulan data.
Contoh : =MAX(B3:Z3)
Setelah itu kita tekan tombol Enter. Dan untuk menerapkannya pada sel yang selanjutnya bisa dengan klik sel yang telah di beri rumus lalu drag ke arah sel yang akan di beri rumus yang sama, maka secara otomatis sel yang terkena drag akan terisi rumus tersebut.
o MIN àuntuk menentukkan nilai minimal / terendah dari suatu kumpulan data.
Contoh : =MIN(B3:Z3)
Setelah itu kita tekan tombol Enter. Dan untuk menerapkannya pada sel yang selanjutnya bisa dengan klik sel yang telah di beri rumus lalu drag ke arah sel yang akan di beri rumus yang sama, maka secara otomatis sel yang terkena drag akan terisi rumus tersebut.

No comments:

Post a Comment